Layanan Sistem Penyaluran Delegasi Masyarakat Sekretariat Jenderal DPR RI (SILUGAS) merupakan platform mobile yang menyediakan kemudahan akses dan informasi bagi masyarakat melalui interaksi yang cepat, akurat, dan aman dalam memproses permohonan untuk menyampaikan atau menyalurkan aspirasi kepada DPR RI. Melalui SILUGAS, masyarakat dapat menyampaikan lebih awal pemberitahuan permohonan penyampaian aspirasi kepada DPR RI mengenai segala hal yang terkait kebijakan pemerintah sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi terhadap mekanisme, kejelasan alur, dan prosedur Penyaluran Delegasi Masyarakat di DPR RI.

Hak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada DPR RI merupakan bagian dari upaya DPR RI meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya berdasarkan prinsip checks and balances, yang dilandasi prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta sekaligus meningkatkan kewibawaan dan kepercayaan masyarakat terhadap fungsi representasi lembaga perwakilan yang memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Hal ini sesuai Pasal 72 huruf g Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang menyatakan bahwa tugas DPR RI, yaitu: menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat.

Sekretariat Jenderal DPR RI mempunyai kewajiban dalam memfasilitasi setiap delegasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada DPR RI. Hadirnya SILUGAS merupakan salah satu upaya untuk menyempurnakan sistem yang telah ada dan menjadi bagian penting dari perkembangan supporting system yang profesional dan modern dalam memberikan dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi konstitusional DPR RI.

SILUGAS sebagai platform mobile yang mendukung tugas Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sebagai lembaga perwakilan rakyat yang memiliki kewajiban menerima aspirasi masyarakat secara lisan dan tulisan menjadi sangat penting mengingat tata kelola pemerintahan yang baik dapat dilakukan diantaranya dengan terlaksananya keterbukaan informasi dan pemerintahan berbasis elektronik.

Dengan SILUGAS, diharapkan lebih memudahkan bagi masyarakat untuk mengetahui tahap atau alur ketika akan menyampaikan aspirasi ke DPR RI sehingga akan menjadi lebih efektif dan efisien karena Bagian yang menangani Penyaluran Delegasi Masyarakat di Sekretariat Jenderal DPR RI akan dapat mengkoordinasikan lebih awal rencana penyampaian aspirasi masyarakat dengan Sekretariat Alat Kelengkapan DPR RI maupun Sekretariat Fraksi-Fraksi yang ada di DPR RI, sesuai dengan tujuan permohonan masyarakat tersebut.